Selamat datang di MUHAMMAD JONI.COM, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda Sukses !!

https://poin-web.co.id/invitation/334087

Selasa, 17 Juni 2014

Bisnis Internet Syariah


Bisnis Internet Syariah
Dalam menjalankan subuah bisnis, apapun jenisnya hendaknya sangat perlu dan dilandasi atas dasar-dasar hukum agama, karena bekerja merupakan bagian dari ibadah alangkah lebih baiknya jika segala sesuatunya kita jalankan dengan syariat Islam yang berlaku. Pekerjaan apapun yang kita lakukan di dunia ini pasti akan ada pertanggungjawaban nantinya. Maka alangkah lebih terpuji di mata Tuhan jika dalam bisnis kita memakai sistem syariah.

Bisnis Syariah bukan hanya dilakukan oleh para pengusaha atau perseorangan. Bahkan saat ini mulai merambah ke banyak badan ataupun instansi pemerintah. Bank-bank nasional sekarang ini juga mulai melirik bisnis dengan sistem ini. Itu dapat kita lihat dari banyaknya usaha syariah yang marak pada saat ini.
Bisnis dengan sistem syariah memang sangat dianjurkan karena sejalan dengan prinsip ekonomi Islam. Sebagai umat muslim tentu
sangat paham akan manfaat dan kebenaran dari tuntunan agama khususnya di bidang ekonomi. Prinsip-prinsi Islam yang bisa kita lihat pada ekonomi syariah adalah sebagai berikut:
Dalam ekonomi, segala jenis sumberdaya dinilai sebagai pemberian Tuhan atau titipan Tuhan untuk menusia guna memenuhi kesejahteraan bersama di dunia dan di akhirat dan tak seperti ekonomi kapitalis untuk kepentingan diri sendiri.
Islam mengakui adanya hak pribadi tapi harus juga dibatasi oleh; pertama, kepentingan masyarakat, kedua Islam menolak setiap pendapatan yang diperoleh dari suap, rampasan, kcurangan, pencurian, prampokan, penipuan dalam timbangan/ ukuran, pelacuran, produksi dan penjualan alkohol, bunga, judi, perdagangan gelap, serta usaha yang menghancurkan masyarakat.
Kekuatan yang menggerakkan ekonomi Islam adalah kerjasama, suka sama suka. Jiwa kerjasama ini adalah mencari keuntungan dengan wajar, tanpa perubahan biaya maka harga barang hanya sebagai akibat prinsip kelangkaannya.

Merambah ke dunia Bisnis Internet Syariah

Tak hanya dalam bisnis nyata, dalam dunia bisnis online juga harus mengenal adanya syariat Islam. Ini menjadi satu keharusan yang harus dijadikan pertimbangan karena perlu disadari apakah bisnis yang dijalankan telah menjadi banyak manfaat bagi diri sendiri maupun banyak orang? Jika memang bermanfaat bagi diri sendiri apakah cara yang ditempuh adalah cara-cara yang wajar dan tidak menyalai aturan dalam Islam? Dan juga apakah unsur bisnis tersebut merupakan bisnis yang bermanfaat bagi orang banyak?.
Pertanyaan –pertanyaan tersebut hendaknya menjadi acuan bagi kita yang sedang menjalankan Bisnis Internet Syariah. Dalam dunia bisnis online secara tak sadar kita terkadang terkontaminasi dengan peluang-peluang yang menjajikan sehingga membuat seseorang tidak bisa menahan diri dan pada akhirnya menjadi serakah dan tidak membatasi diri dengan akal sehat. Seperti halnya iklan di internet yang menjanjikan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta dalam setiap bulannya. Bagi yang rendah kwalitas imannya maka akan cepat sekali tergiur dan orientasi pikirannya pasti ke arah ingin cepat kaya.
Maka betapa tak terpunjinya jika dalam bisnis di internet banyak yang menjanjikan peluang banyak untung tapi di baliknya tidak seperti yang dijanjikan. Maka dasar syariah menjadi sangat penting tak terkecuali dalam bisnis online ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran/Kritik/HUb Email